Pengertian media sosial atau dalam bahasa inggris “Social Media” menurut tata bahasa, terdiri dari kata “Social” yang memiliki arti kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan “Media” adalah sebuah wadah atau tempat sosial itu sendiri.
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran “user-generated content”.
Klasifikasi & Contoh Media Social
Kaplan dan
Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial
dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut
Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial.
1. Proyek Kolaborasi (Collaborative projects)
Suatu media
sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses
oleh khalayak secara global. Ada dua sub kategori yang termasuk ke
dalam collaborative project dalam media sosial, yakni :
a. Wiki
Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks.
Contoh : Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
b. Aplikasi Bookmark Sosial
Aplikasi
bookmark sosial, yang dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis
kelompok dan rating dari link internet atau konten media.
Contoh :
- Social Bookmark : Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita, Infogue
- Writing : cerpenista, kemudian.com
- Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp.
2. Blog dan mikroblog (Blogs and microblogs)
Blog dan
mikroblog merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk tetap
posting mengenai pernyataan apapun sampai seseorang mengerti. Blog
sendiri ialah sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau
kelompok penulis baik itu sebuah opini, pengalaman, atau kegiatan
sehari-hari.
Contoh :
- Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
- Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
- Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
- Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
3. Konten (Content)
Content communities atau
konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling
berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat,
berbagi seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
Contoh :
- Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket, DeviantArt, dll
- Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
- Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
- File Sharing and Hosting : 4shared, rapidshare, indowebster.com
- Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia).
4. Situs jejaring sosial (Social networking sites)
Situs jejaring
sosial merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat
sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya.
Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk
terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya.
Contoh : Friendster, Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
5. Virtual game worlds
Dunia
virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul
dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan
orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
Contoh : Travian, Three Kingdoms, Second Life, e-Republik, World of Warcraft, dll
6. Virtual social worlds
Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah
situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga
dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata.
Contoh :
- Map : wikimapia, GoogleEarth
- e-Commerce : ebay, alibaba, juale.com, dll
Jejaring Sosial (Social Network)
Pengertian Social Network
“Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga”.Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Social
Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan
sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas,
ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang
tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan
social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur
bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi.
Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara
lain facebook dan twitter.
Contoh Situs Jejaring Sosial
Adapun beberapa contoh diantaranya :
1. Facebook
FacebooK Adalah Sebuah Website Yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya).
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
2. Twitter
Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006.
3. LinkedIn
Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn.4. Myspace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.5. Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.6. deviantART
Suatu situs jejaring sosial yang bergelut dalam bidang seni, terutama dalam seni gambar. DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000 oleh Angelo Sotira,dkk.7. Cafemom
Dikhususkan
untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs
ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita.
Prinsip situs
ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs
ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar
informasi.
CafeMom dibuat oleh Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006.
8. Ning
Situs
jejaring yang unik, Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya
sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring
sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur.
Ning dibangun bersama oleh Marc Andreessen dan Gina Bianchini.9. Badoo
Situs jejaring sosial Badoo berfokus pada perkencanan. Situs ini dibangun oleh enterpreneur Andrey Andreev pada tahun 2006.
10. Pinterest
Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board).Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web.
Papan
pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori
tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain.
Perbedaan Social Media dan Sosial Network
Perbedaan Social media dan Sosial Network yaitu mereka merupakan sama –
sama media yang menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan
informasi nya itu yang berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan
bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu media massa
konvensional dan media massa modern. Sosial Media ini termasuk dalam
media massa modern. Lain halnya jika media massa konvensional. Seperti
yang telah ketahui, media massa konvensional berupa majalah, koran, dan
hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara
media massa konvensional dengan media sosial ini adalah
1. Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru di banding media sosial.
2. Media massa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak.
3. Media massa konvensional lebih lama dalam memberi feedback atau respon di banding media sosial.
Referensi Link:
http://albadrln.wordpress.com/2012/06/01/jejaring-sosial-populer/http://razkingred.blogspot.com/2011/01/social-networking-adalah.html
http://staff.unila.ac.id/zoehellmie87/2012/06/20/tahu-dan-mengerti-social-media/
http://afandi41808047.wordpress.com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/
http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/08/social-media-dan-pemanfaatannya-491319.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://jakartacity12.blogspot.com/2012/03/pengertian-jaringan-sosial.html#
http://www.smitdev.com/post/social-networking333.php
No comments:
Post a Comment